Yesus Bangkit dari antara orang mati | Buletin Edisi 17 April 2022

YESUS BANGKIT DARI ANTARA ORANG MATI

Matius 28 : 1 - 10
oleh: Pdt. Ellen Lazarus, S.Si (Teol)

Saudaraku yang dikasihi Tuhan..........

Peristiwa kebangkitan Yesus adalah peristiwa yang spektakuler dan yang pasti menakjubkan bagi setiap orang yang menyaksikan bahkan membaca dan mendengar berita itu seperti kita saat ini. Bagaimana tidak, terjadi fenomena yang tidak biasa saat Yesus bangkit dan diceriterakan secara mendetail oleh Matius dalam pembacaan kita saat ini :

  • Gempa bumi yang dasyat menggoncang tempat itu.
  • Seorang malaikat dengan wajah bercahaya dan berpakaian putih bagaikan kilat turun dari langit dan menggeser Pintu kubur itu dengan kekuatan supranatural sehingga pintu kubur terbuka dan ia duduk diatas batu itu (adalah pemandangan yang tidak biasa)
  • Yesus bangkit dan Ia hidup kembali dari kematian yang dialami-Nya. Ini ditandai dengan kubur yang kosong.

Kebangkitan Yesus sesungguhnya membuktikan bahwa :

  • Alam maut tidak dapat menahan-Nya
  • Ia telah mengalahkan sengat maut itu dan kembali dari dunia orang mati dengan kemenangan besar.
  • Ia Tuhan yang hidup dan berkuasa atas kematian dan Ia memberikan kepastian akan kehidupan kekal bagi yang percaya kepada-Nya.

Saudaraku yang dikasihi Tuhan
Alkitab menceriterakan tentang reaksi mereka yang merupakan saksi mata peritiwa kebangkitan Yesus :

  • Para penjaga kubur (sesungguhnya mereka adalah saksi pertama dari kebangkitan Yesus) tetapi mereka bukanlah orang-orang pertama yang dijumpai Yesus. Dalam arti mereka bukanlah orang-orang yang mendapat perkenaan-Nya.
  • Para perempuan (Maria magdalena dan perempuan lainnya) adalah saksi kedua dari peristiwa kebangkitan itu tetapi merupakan orang-orang pertama yang dijumpai Yesus (mereka diperkenaankan-Nya). Ada reaksi yang berebada di sini : Jika para penjaga kubur menyaksikan peristiwa yang spektakuler itu, mereka justru ketakutan dan seperti orang-orang mati yang tidak berpengharapan maka para perempuan justru bersukacita dan bergembira menyambut berita kebangkitan dari malaikat : “janganlah takut! kamu mencari Yesus yang disalibkan itu? Ia tidak ada di sini sebab Ia telah bangkit seperti yang telah dikatakan-Nya." Bahkan sukacita itu semakin lengkap saat Yesus sendiri datang menjumpai mereka. Sukacita itu telah menjadi rasa hormat yang dalam sehingga mereka sujud menyembah Yesus. Merekapun kembali dan menyampaikan pesan malaikat bahkan pesan Yesus kepada para murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dan Ia akan menjumpai para murid-Nya di Galilea.

Saudaraku yang dikasihi Tuhan.
Apa makna Firman :

  • Kebangkitan Yesus adalah sebuah kebenaran yang tidak dapat dibantah sebab tercatat dalam sejarah dunia dan kebangkitan itu memberikan jaminan akan adanya kebangkitan orang percaya. Yesus berkata : “Akulah kebangkitan dan hidup, barang siapa percaya kepada-Ku ia akan hidup walaupun ia sudah mati.”berbahagialah yang pecaya kepada Yesus.
  • Itu berarti pemberitaan gereja hari ini adalah sebuah kebenaran. Gereja bersaksi tentang Yesus yang bangkit dan tentang kuasa Yesus. Pemberitaan gereja tidak mungkin sia-sia sebab mengandung sukacita besar dari sorga. Karena itu jangan ragu saksikan tentang nama Yesus.
  • Kebangkitan Yesus menjadi kredo gereja yang tidak tergoyahkan sepanjang masa sampai Kristus datang kembali. Dia Tuhan kita. Dia memegang segala kuasa; Dia memerintahkan kita untuk memberitakan injil ke segala suku bangsa dan Dia berjanji akan menyertai kita senantiasa. Jaminan apa lagi yang kita perlukan? Kebangkitan-Nya memberi hidup bagi kita. mari kita hidup dalam ketaatan.
  • Perjumpaan dengan Yesus telah mengubah hidup para perempuan dan para murid Yesus. Perjumpaan dengan Yesus adalah sebuah perkenaan dimana kita dapat menjumpai-Nya di jalan ketaatan. Siapa yang taat, setia, mengasihi-Nya maka pasti mendapat perkenaan-Nya dan mengalami sukacita, kegembiraan dan kepastian untuk menjalani hidup.
  • Kebangkitan Yesus memastikan bahwa Ia menang atas maut yang dasyat sehingga sebagai orang percaya kita diingatkan bahwa Jangan pernah takut untuk hidup maupun akan kematian sebab Ia berkuasa atas semuanya dan kuasa-Nya berada di dalam setiap orang yang berkenaan kepada-Nya. Jalanilah hidup dalam kuasa kebangkitan Yesus dan hiduplah sebagai orang-orang yang menang atas segala problema hidup. Tuhan Yesus memberkati kita untuk menjadi pemberita kebangkitan Yesus sampai Ia datang kembali. Amin.


Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah :



GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama