Allah Yang Hidup Memberi Kehidupan - Buletin Mingguan

Allah Yang Hidup Memberi Kehidupan

ALLAH YANG HIDUP MEMBERI KEHIDUPAN

Yehezkiel 37 : 1 - 14
oleh: Pdt. Ellen Lazarus, S.Si (Teol)

Saudaraku yang dikasihi Tuhan....

Bukankah mustahil jika sesuatu yang sudah mati dapat hidup kembali? Apalagi yang sudah mati itu hanya tersisa tulang-tulang yang kering kerontang dan berserakan. Namun, Tuhan punya kuasa untuk menghidupkan dan membangkitkan, menumbuhkan dan menyegarkan. Hal ini terlihat jelas dalam pembacaan kita Yehezkiel 37 : 1-14 “gambaran tentang kebangkitan Israel”.

Nabi memperoleh penglihatan dari Allah tentang tulang-tulang belulang yang tak bernyawa dan telah kering berserakan disebuah lembah. Dalam penglihatan itu Tuhan Allah bertanya kepada Sang nabi, dapatkah tulang-tulang ini hidup kembali? Pertanyaan Allah ini adalah pertanyaan yang menantang sebab hal ini tidak mungkin dapat terjadi. Dibutuhkan iman yang kokoh kepada Allah untuk dapat menjawab pertanyaan yang demikian. Nabi menjawab : “Ya Tuhan Allah,Engkaulah yang mengetahuinya” artinya Sang nabi percaya bahwa Tuhan punya kuasa untuk membangkitkan dan menghidupkan tulang-tulang itu. Sang nabi mengimani bahwa Tuhan mampu melakukan sesuatu yang sesungguhnya mustahil bagi manusia yaitu membangkitkan dan menghidupkan tulang-tulang yang telah kering. Karena kepercayaan itu, Tuhan Allah berfirman agar nabi bernubuat kepada tulang-tulang itu untuk mendengarkan Firman Tuhan. Apa yang perlu didengarkan?

  • Firman-Nya : Aku memberi nafas hidup ke dalammu supaya kamu hidup kembali (5)
  • Aku akan memberi urat-urat kepadamu dan menumbuhkan daging,aku menutupi kamu dengan kulit dan memberikan kamu nafas hidup supaya kamu hidup kembali.

Setelah mendengar Firman itu Maka sang nabi bernubuat tepat seperti yang diperintahkan Tuhan kepada-Nya dan lihatlah segala firman itu tergenapi :

  • Terdengar suara berderak-derak dan tulang-tulang itu bertemu satu dengan yang lain (Tulang-tulang yang telah berserahkan menyatu kembali menjadi satu anggota tubuh).
  • Urat dan daging mulai tumbuh dan kulit menutupi tulang-tulang itu
  • Tuhan memanggil nafas hidup dari keempat penjuru angin untuk berhembus ke dalam tubuh orang-orang yang terbunuh itu sehingga mereka hidup kembali dan berderak bagaikan pasukan tentara yang besar jumlahnya.
Ini berarti bahwa makhluk yang telah mati dapat hidup kembali hanya dengan Firman dan Roh atau nafas Allah dan Allah punya kuasa untuk melaksanakan-Nya. Hanya Allah yang hidup yang dapat memberikan kehidupan bagi yang telah mati.
Saudaraku yang dikasihi Tuhan

Nubuat tentang tulang-tulang kering yang berserakan adalah gambaran tentang kehidupan Israel yang sedang hidup di dalam pembuangan Babel dimana tidak ada harapan bagi merekauntuk hidup sebab rasanya hidup tak berdaya dan hampir saja punah. Namun,nabi meyakinkan bahwa masih ada harapan hidup saat Israel percaya kepada Allah bahwa Allah punya kuasa untuk bertindak dan menyelamatkan mereka asalkan mereka menyadari kesalahan dan dosa dan kembali hidup dalam pertobatan dihadapan Allah. Kehidupan hanya akan terjadi melalui hembusan nafas Allah yang menghidupkan dan Firman yang adalah makanan Rohani dan air kehidupan bagi jiwa yang lapar dan haus akan kebenaran. Karena itu kita perlu tahu dan lakukan beberapa hal dalam hidup kita :

  • Hanya Allah di dalam Yesus Kristus yang dapat memberikan kepada kita kehidupan kekal. Melalui hembusan nafas-Nya kita memperoleh kehidupan. Karena itu percayalah kepada-Nya.
  • Saat terpuruk dan keadaan tidak berjalan seperti apa yang kita harapkan, ingat akan Firman Tuhan yang menjadi kekuatan bagi jiwa kita,.saat kita mengimani Firman Tuhan maka kita akan melihat Allah bertindak untuk menyelamatkan kita. Jangan pernah meragukan kuasa Tuhan.pertolongan-Nya pasti datang tepat pada waktunya.
  • Mari ambil keputusan untuk hidup di dalampertobatan selalu sebab saat kita hidup di dalam pertobatan maka pemulihan Tuhan pasti terjadi dan kehidupan baru yang berkenaan dihadirat Allah dinyatakan di dalam kita.
  • Hidup melekat pada Allah pohon kehidupan sebab diluar Dia hanya ada kematian kekal.

Tuhan Yesus menolong kita untuk memahami Firman dan melakukannya, Amin.


Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah :

GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama