Melalui Kristus, Kasih Karunia dan Pembenaran Berlaku Bagi Manusia

Melalui Kristus, Kasih Karunia dan Pembenaran Berlaku Bagi Manusia

MELALUI KRISTUS KASIH KARUNIA DAN PEMBENARAN BERLAKU BAGI MANUSIA

Roma 5 :12 - 21
oleh: Pdt. Ellen Lazarus, S.Si (Teol)

Saudaraku yang dikasihi Tuhan..........

Dosa dan maut bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan: Dimana ada dosa, disitu akan ada maut. Setiap orang yang hidup di dalam dosa akan mengalami kematian rohani dan diikuti dengan kematian jasmani. Inilah pernyataan Firman untuk direnungkan sehingga selagi masih ada kesempatan, setiap orang percaya mengambil keputusan meninggalkan dosa dan hidup baru di dalam Tuhan.

Paulus dalam pembacaan kita menjelaskan bahwa karena pelanggaran akan perintah dan ketetapam Allah oleh satu orang (Adam ) maka dosa dan maut menguasai hidup manusia dari generasi ke generasi (Adam-Musa-hari ini) bahkan dosa itu semakin jelas saat Tuhan menurunkan hukum taurat kepada Musa dan Israel. Kenapa? karena hukum taurat adalah ketetapan Allah yang harus dijalani tanpa noda dan cela dan ini mustahil dilakukan sehingga saat berdiri dihadapan penghakiman atas pelanggaran terhadap hukum taurat manusia melihat dengan jelas dosa-dosa mereka. Manusia hanya melihat hukuman dan kematian sehingga hidup tanpa pengharapan.

Tetapi karena kasih karunia Allah yang besar atas hidup manusia maka Allah mengorbankan diri-Nya sendiri untuk menebus dan menyelamatkan manusia dari sengat maut. Dengan darah Anak domba Allah, manusia disucikan dari dosa dan memperoleh keselamatan abadi di dalam Kristus.

Paulus katakan :

  • kasih karunia yang diberikan Allah, sesungguhnya tidak berimbang dalam arti satu orang mati untuk menebus dosa banyak orang bahkan untuk menebus satu pelanggaran saja melainkan banyak pelanggaran.
  • Penganugerahan kasih karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran dan pembenaran itu adalah anugerah Allah yang diterima dengan Cuma-Cuma.
  • Oleh satu perbuatan pembenaran melalui korban Kristus, semua orang memperoleh pembenaran untuk hidup.
  • Oleh satu perbuatan ketaatan (yaitu ketaatan Kristus) semua orang menjadi orang benar dan akan memperoleh kehidupan kekal.
  • Seperti dosa berkuasa dalam alam maut maka kasih karunia Allah akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal oleh Yesus Kristus Tuhan kita.

Apa makna Firman Tuhan bagi kita ?

  • Kasih karunia Allah telah berikan bagi kita. Ia menunggu kita untuk menggapai kasih karunia-Nya dengan datang mendekat pada-Nya. Mempercayai-Nya, berserah pada-Nya dan mengikuti-Nya dengan setia.
  • Siapa yang percaya dan hidup di dalam Kristus akan meperoleh pembenaran atau dinyatakan benar dihadapan Allah sebab Ia telah membayar lunas hutang dosa kita. karena itu jadikan Dia pusat hidup dan penyembahan kita.
  • Selagi masih diberikan kesempatan untuk hidup, hargailah kasih karunia Allah dengan tetap hidup di dalam kasih karunia, pengudusan diri dan pelayanan serta pengabdian kepada-Nya. Amin.


Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah :



GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama