Allah Sumber Hikmat dan Kekuatan | Buletin Edisi 2 Oktober 2022

ALLAH SUMBER HIKMAT DAN KEKUATAN

Daniel 2 : 20 - 23
Kutipan : Khotbah BP Am Sinode GKI di Tanah Papua

Saudaraku yang dikasihi Tuhan,

Nama Daniel berarti “Allah adalah Hakimku”. Rupa-rupanya Daniel merupakan salah seorang anggota rombongan orang-orang buangan pertama yang dibawa ke Babel tahun 606 S.M. Dalam kitab Daniel pasal 2, dikisahkan Raja Nebukadnezar diliputi ketakutan yang menggelisahkan sehingga tidak dapat tidur akibat mimpinya (2:1). Semua ahli nujum, sihir,jampi istana dipanggil untuk menjelaskan arti mimpi raja. Namun semua tidak dapat menjelaskan maknanya. Daniel dengan keyakinan yang kokoh akan Allah Israel Sumber Hikmat dan Kekuatan memberanikan diri, menghadap Raja Nebukadnezar meminta waktu agar dapat menjelaskan arti mimpi raja. Daniel percaya Hananya, Misael dan Azarya sahabat sebangsanya, yang memiliki Allah yang hidup akan mendukung dalam menaikkan doa Syafaat kepada Allah Israel yang mampu memecahkan segala perkara sebelum manusia berpikir dan berkata. Letak keberhasilannya, yakni adanya persekutuan yang harmonis dalam menaikkan doa dan pujian. Allah yang dihampiri adalah Allah Yang Kudus, bersemayam di Sorga. Mereka menghampiri dalam kekudusan dan kebenaran yang telah memberi pengetahuan dan kepandaian, dan Daniel sendiri pengertian penglihatan dan mimpi (1:17) Bagi Dialah yang hendak mereka hampiri Sumber Hikmat.

Allah semesta Alam, khalik langit dan bumi yang patut dipuji kebesaran-Nya (ayat 20), nama-Nya dimasyurkan sekarang dan selama-lamanya (Mazmur 113:2) Sekalipun berada dalam pembuangan dan penindasan Babel, tetapi Tuhan Allah tidak melupakan mereka, Ia menyertai dengan memberi hikmat dan kekuatan untuk menjawab, menjalani keadaan apapun dalam istana raja.

Daniel sungguh percaya Allah yang Maha Tinggi yang memiliki Kekuasaan dan kedaulatan, Dialah yang menjadikan waktu dan masa, Dia juga menetapkan naik turunnya suatu bangsa dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Ia berfirman dari kekekalan terang-Nya menembus dan mengoyakkan gelap menjadi terang, dalam kedaulatan-Nya Ia mengubah yang kacau menjadi teratur.

Pengakuan Daniel atas jawaban doa Inilah pengakuan dan puji syukur kepada Allah Tuhan nenek moyangnya, karena doanya dijawab oleh Allah yang telah memberi hikmat dan kekuatan. Persoalan yang dihadapi oleh Daniel dan kawan-kawannya, soal mimpi raja telah terjawab.

Daniel seorang muda yang mempunya karakter yang baik, tidak bercela dan memiliki sifat luar biasa, sehingga mendapat kedudukan dalam istana, ia berasal dari keturunan bangsawan (Pasal 1:3-4). Bersama ketiga kawannya : Hananya, Misael dan Azarya (1:6) mempertahankan kehidupan yang suci, dan takut kepada Allah, sehingga Allah mengaruniakan pengetahuan, kepandaian tentang berbagai tulisan dan hikmat (1:17). Ketaatan dan kekudusan hidup sebagai anak-anak pilihan Allah mengharuskan, kita untuk memainkan peran selamat pada situasi sekarang ini, untuk tidak menjadi sama dengan dunia ini. Daniel dan ketiga kawan adalah pemuda yang suka berdoa dan mempunyai pendirian yang teguh.

Dalam keteguhan itulah Allah turut bekerja melalui Raja diberi waktu untuk mencari makna mimpi dari Allah di Surga (ayat 16,18). Daniel tidak bekerja sendiri ,bersama tiga sahabat, tidak diketahui berapa lama berdoa, yang pasti mereka sunguh-sungguh berdoa. Betapa hebatnya kuasa doa orang-orang yang bersatu, sama hebatnya kuasa doa orang-orang yang bersatu menyelamatkan Petrus dari penjara (Kis.12:5-19). Bagaimana dengan doa-doa orang persekutuan kita saat ini juga doa-doa orang muda kita, benarkah isi doa kita penuh ucapan syukur bersatu dalam kemuliaan yang menggetarkan hati Tuhan? Sehingga memberi hikmat dan kekuatan untuk menjawab tantangan zaman? Penting untuk menjadi perenungan bagi kita.

Ada 3 hal penting yang kita petik disini, yakni :

  1. DOA. Dalam doa mereka memohon “Kasih sayang kepada Allah semesta langit”
  2. Allah Menjawab Doa. Allah mengungkapkan mimpi dan maknanya kepada “Daniel dalam suatu penglihatan malam”.
  3. Daniel memuji Allah semesta langit. Karena Hikmat yang diberikan kepadanya menyebabkan ia mampu memahami apa yang menjadi rahasia, tetapi sekaligus menyelamatkan sahabat-sahabatnya dari rancangan pembinasaan oleh Nebukadnezar. Sebab Tuhan Allah Israel, Dialah Sumber hikmat dan kekuatan.
    Amin


Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah :



GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama