Kuasa Allah Pada Orang Percaya

Kuasa Allah Pada Orang Percaya

Yohanes 1 : 1 - 11
Kutipan : Khotbah BP Sinode

Saudaraku yang dikasihi Tuhan,

Kita pada minggu adven ke-3 ini mendapatkan teks penting yang mengajarkan kita tentang arti suatu “penyataan”. Firman yang telah menjadi manusia” atau “inkarnasi Allah”. Teks ini terbagi ke dalam tiga bahagian besar, meskipun mungkin bisa saja kita membagi dengan runut kepada kebutuhan uraian yang kita uraikan dari persepsi berbeda dengan pembagian yang mungkin lebih dari 3 bahagian atau lebih. Tetapi untuk tahun ini perkenankan kita secara terbatas menemukan tiga bahagian dimaksud, yaitu:

  1. Aspek kekekalan dan keilahian Firman dari ayat 1-5
  2. Aspek peran Yohanes Pembaptis dari ayat 6-9
  3. Aspek penyataan

Inilah tiga bahagian yang selanjutnya akan diuraikan bagi kita.

Ayat 1-5 tentang Keilahian Firman. Kata logos khusus pada ayat (1) saja ditulis sebanyak tiga kali dan satu kali ditulis dalam hubungan dengan “Theos” Tuhan atau Allah. Theos sesungguhnya adalah “phos” terang dan “phainei” cahaya. Dia penyebab utama segala sesuatu menjadi dan dan ada. Dia tanpa kegelapan dan kegelapan tidak menguasainya.

Ayat 6-9 tentang Kesaksian Yohanes Pembaptis. Jalan menuju percaya butuh dua alat, yaitu “saksi” atau “martyrian” dan ‘kesaksian” atau “martyrese” dalam bentuk manusia Yohanes pembatis.

Ayat 10-11 Penyataan-Nya. Dunia menjadi dua, dunia yang didalamnya Sebagian manusia mengenal Dia dan Sebagian manusia tidak mengenal Dia. Tetapi Logos Theou pada dirinya adalah untuk dunia, karena itu “semua orang yang “menerima-Nya” atau “elabon” yaitu yang “percaya” atau “pisteuousin” diberi-Nya kuasa dalam nama Firman yang menjadi manusia adalah Tuhan Yesus Kristus. Dialah pusat keselamatan manusia dosa dalam dunia.

Kebenaran inkarnasi Allah, kebenaran pengajaran tentang “Allah Penyataan”. Kebenaran pengajaran tentang Allah yang esa, yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus, adalah periode baru bagi tatanan iman dan kepercayaan yang hadir ke



Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah :



GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama