Kuduskanlah Dirimu! Allah Yang Hidup ada Di Tengah-Tengah Kamu

(Khotbah BP Sinode GKITP)
Yosua 3:1-17

Saudaraku yang dikasihi Tuhan,

"Kuduskanlah dirimu! Allah yang hidup ada di tengah-tengah kamu. Jika kita menghu-bungkan dua tema ini menjadi satu peng-ajaran maka akan ada banyak pelajaran dari tema tema ini. Kekudusan dan kehadiran Allah membawa pembaharuan, atas alam, manusia dan seluruh ciptaan-Nya. Dengan demikian kita akan bicara tentang Keku-dusan, Simbol Kehadiran Allah ditengah-tengah hidup umat Nya dan _ Kuasa Allah yang membawa pembaharuan hidup.

PENJELASAN TEKS

Pengajaran Tentang Kekudusan

Kekudusan dalam konteks Yosua 3 : 1 - 17, berhubungan dengan umat, dalam tema ini ditekankan dengan tanda seru (!), artinya ini suatu perintah, bagian ini diambil dari ayat "3:5 Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Kuduskanlah dirimu sebab besok TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu. Kekudusan ini berkaitan dengan perbuatan Tuhan atau apa yang akan dikerjakan oleh Tuhan bagi bangsa Israel.

Kata "kudus" dalam bahasa aslinya (qadosh) artinya adalah "untuk memisahkan", terpisah; bukan putih bersih tanpa cacat cela. Akar kata "qadosh" adalah terpotong, untuk menguduskan sesuatu adalah memisahkan.

Maka orang yang menyembah Allah yang kudus, sungguh harus mengerti bahwa Allah adalah Allah yang kudus, orang tersebut melihat Allahnya sebagai Allah yang sangat terpisah, jauh melampaui kita, Allah yang bukan kita. Allah yang jauh berbeda dari kita. Waktu kita mengatakan bahwa Allah mempunyai cinta yang kudus, itu berarti cinta-Nya jauh melampaui segala macam cinta yang kita bisa tahu. Waktu kita mengatakan bahwa Allah mempunyai bijaksana yang kudus, itu berarti bijaksana-Nya melampaui segala bijaksana yang kita bisa tahu. lntinya, mengatakan bahwa Allah kita kudus, berarti kita menyadari Allah tidak bisa ditimbang, tidak terukur.

Tindakan pengudusan (bd. Kel 19:10,14-15) menunjuk kepada prinsip bahwa Allah tidak akan bertindak dengan penuh kuasa demi umat-Nya jikalau hati kita belum kudus dan selaras dengan kehendak-Nya. Sebelum kita memohon Allah melakukan tanda dan keajaiban di tengah-tengah kita, kita harus memastikan dahulu bahwa hati kita murni dari keinginan -keinginan kita dipimpin oleh Roh Kudus.

Simbol/Lambang Kehadiran Allah di tengah-tengah umatNya

Kehadiran Allah dalam Yosua 3- : 1 - 17, adalah Tabut perjanjian. Tabut perjanjian benar-benar menjadi SIMBOL/TANDA KEHADIRAN ALLLAH. Apakah tabut itu punya Kuasa ?? 3:12 Maka sekarang, pilihlah dua belas orang dari suku-suku Israel, seorang dari tiap-tiap suku. 3:13 Segera sesudah kaki para imam pengangkat tabut TUHAN, Tuhan semesta bumi, berhenti di dalam air sungai Yordan, maka air sungai Yordan itu akan terputus; air yang turun dari hulu akan berhenti mengalir menjadi bendungan. Tabut perjanjian mempunyai peran yang sangat penting dalam cerita ini.

"tabut perjanjian" menjadi lambang dari kehadiran Allah di tengah-tengah mereka (Kel 25:22; bd. Bil 10:35). Sewaktu mereka dituntun untuk memiliki tanah perjanjian, Tuhan juga terang-terangan menyatakan diri di dalam mujizat-mujizat (ayat Yos· 3:5, 14-17: 4: 18). Yang memiliki Kuasa adalah Allah.

Jika kita coba hubungkan atau artikan Tabut sebagai tanda/symbol kehadiran Allah ke dalam kehidupan kita saat ini, maka tidak ada simbol langsung yang sama, tetapi jika kita hubungkan lambang kehadiran Allah seperti Isi Tabut, diantaranya 10 perintah Tuhan, gulungan kitab taurat, maka kita bisa katakan "LAMBANG KEHADIRAN ALLAH" saat ini adalah ALKITAB yang memuat Taurat dan lnjil/Firman Allah (Yoh 1:1) Kuasa Allah Membawa Pembaharuan Hidup

3:9 Lalu berkatalah Yosua kepada orang Israel: "Datanglah dekat dan dengarkanlah firman TUHAN, Allahmu." 3:10 Lagi kata Yosua: "Dari hal inilah akan kamu ketahui, bahwa Allah yang hidup ada di tengah-tengah kamu dan bahwa sungguh-sungguh akan dihalau-Nya orang Kanaan, orang Het, orang Hewi, orang Feris, orang Girgasi, orang Amari dan orang Yebus itu dari depan kamu:

Berdasarkan ayat 9 - 10, ada tiga bukti Kuasa Allah hadir di tengah umat-Nya, yang akan membawa pembaruan hidup (orang yang percaya)

  1. Orang tersebut/kita/mereka akan datang mendekat kepada Allah
  2. Orang tersebut/kita/mereka akan selalu mau mendengar firman Allah sama seperti ketika tabut perjanjian dibawa ke tengah sungai, maka air berhenti, demikianlah, ketika firman Tuhan hadir dan hidup di dalam kehidupan orang percaya, maka kekuatan, kuasa, yang menjadi peng-halang, hambatan, rintangan akan bisa dilewati.
  3. Seperti Allah menghalau bangsa-bangsa lawan Israel, Allah akan menghalau, semua hal yang merupakan musuh kita (kelakuan, sifat buruk/jahat, rencana. jahat orang · lain, kebencian orang lain dan sebagainya yang merupakan musuh orang baik)

PENERAPAN

  1. Hidup kudus, terpisah dari kebiasaan hidup dunia, bukan berarti tidak bisa . bergaul dengan dunia ini, tetapi karakter, kelakuan, sifat harus dipisahkan dari dunia. Hidup kudus adalah syarat mutlak, harus wajib, tidak bisa ditawar kalau mau melihat perbuatan Tuhan yang Ajaib, kalau mau ry1engalami pembaharuan dalam pergumulan, pembaharuan dalam · hubungan dengan Tuhan, tidak menjadi sama dengan dunia, ada hidup di dunia tetapi berbeda dengan dunia; Kehidupan pernikahan, keluarga yang berlangsung dalam kekudusan akan mengalami banyak mujizat Tuhan. Hamba-hamba Tuhan yang bekerja hidup kudus akan melihat berbagai perbuatan Ajaib dari Tuhan.
    Ada banyak umat Tuhan, orang Kristen yang_ hanya "Kudus" saat datang ke gereja banyak hamba Tuhan (Pendeta, Penatua, Syamas, guru Sekolah Minggu, Badan pelayan Unsur) yang hanya "Kudus di hari minggu" tetapi senin sampai sabtu "Kudis" kelakuannya, kelakuan_ mereka, kelakuan kita sama seperti dunia, tidak terpisah, bahkan susah dibedakan, hidup dalam dunia modern yang mengutamakan dan mengagungkan dunia dan semua gayanya.
  2. Jika Alkitab/Firman Allah/lnjil adalah symbol kehadiran Allah, maka mintalah Allah memberi kuasa, kemampuan untuk hidup sesuai isi firman Allah, sebab ketika Tabut dipikul masuk ke dalam sungai, maka air sungai itu berhenti mengalir. Betapa besar Kuasa Allah di dalam firman Tuhan. II Tim 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. AMIN.
Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah ini
GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama