Betlehem Akan Mendatangkan Seorang Yang Memerintah Israel

BETLEHEM AKAN MENDATANGKAN SEORANG YANG MEMERINTAH ISRAEL

Khotbah BP Sinode GKITP

Mikha 5 : 1-14

Saudaraku yang dikasihi Tuhan,

Hari ini kita berada pada hari ke-330 minggu ke-4 atau minggu terakhir bulan November, pada saat yang bersamaan, sesuai kalender Gerejawi kita sudah memasuki minggu ke-48, sebagai minggu penantian atau minggu adven yang pertama dalam tahun 2023. Pada triwulan ke-empat dalam focus pelayanan tahunan GKI dengan bertitik tolak pada “Pembaruan Tuhan bagi GKI menjadi berkat bagi bangsa-bangsa”, maka kita sedang mengakhiri bulan kedua dalam triwulan ke-4 ini dan segera memasuki bulan terakhir dalam triwulan ke empat ini. Keseluruhan pelayanan yang akan berlangsung dalam minggu ini akan berlangsung di atas dasar Firman Tuhan. Mikha 5:1-14 tentang dari “Betlehem akan mendatangkan seorang yang memerintah Israel”. Hari ini di dalam Kristus dunia sudah diselamatkan, ditebus, dan kita meyakini sudah diselamatkan. Dia yang menebus dunia, Dialah yang memerintah dunia, Dia itulah yang terlahir di Betlehem.

Ayat 1-4 nubuat tentang seorang dari Betlehem-Efrata yang akan memerintah Israel. Yang memerintah Israel adalah yang permulaannya sudah sejak purbakala, sajak dahulu kala (ay 1) ; selebihnya saudara-saudaranya akan kembali kepada orang Israel akan pemimpin yang akan menghadirkan lahirnya fase persatuan dan solidaritas (ay 2) ; pemimpin yang mendapat kekuatan dari Tuhan menjadi besar sampai ke ujung bumi (ay 3) pemimpin yang menjadi damai sejahtera sebagai kekuatan (ay 4) ; pemimpin yang membebaskan dari penindas Asyur (ay 5)

Ayat 6-9 Sisa Umat TUHAN yang berdampak. Perserakan sisa umat TUHAN menjadi berkat bagi banyak bangsa “seperti embun daripada TUHAN, seperti dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan…” (ay 6) ; perserakkan sisa umat TUHAN di tengah banyak bangsa adalah kekuatan “seperti singa diantara binatang-binatang hutan, singa muda diantara kawanan kambing domba…” ay (7) ; kekuatan pemimpin seperti tangan yang diangkat untuk melawan dan membinasakan musuh (ay 8-9)

Ay 10-14 TUHAN Yang Berkuasa Nabi Mikha menyatakan kekuasaan TUHAN atas ciptaan, antara lain : Melenyapkan kota (ay 10) ; melenyapkan sihir dan peramal (ay 11) ; melenyapkan patung-patung, tugu berhala (ay 12) ; memunahkan berhala (ay 13) bangsa-bangsa yang tidak mau mendengarkan TUHAN mendapatkan murka dan kehangatan amarah (ay 14)

Setelah kita memasuki hari ke-330 dan minggu ke-48 dalam tahun 2023 ini, maka fokus pembaruan itu tampak pada pembaruan atas sisa umat TUHAN di dalam perserakan menjadi satu solidaritas yang kuat. Mereka muncul karena Elshaday itu nyata. Dialah yang melenyapkan semua kekuatan buatan. Di dalam penghukuman kepada bangsa-bangsa terdapat pembaruan yang TUHAN kerjakan, sehingga umat TUHAN akan muncul dalam satu periode tertentu diluar dari gangguan yang datang dari peramal, sihir yang dahulu mendatangan amarah dan murka TUHAN. Imanuel.

Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah ini
GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama