Tuhan Memilih, Membarui dan Menyelamatkan

TUHAN MEMILIH, MEMBARUI DAN MENYELAMATKAN
(Khotbah BP Sinode GKITP)

Sefanya 3 : 9-20

Saudara-Ku yang di kasihi Tuhan,

Kita saat ini berada pada, minggu ke-2 bulan November, hari ke-316, dan minggu ke-46 dalam tahun 2023, masih berikan fokus pelayanan pada triwulan ke-4 adalah “Pembaruan Tuhan bagi GKI menjadi berkat bagi bangsa- bangsa”. Pembaruan ini akan didasarkan pada teks Zefanya 3:9-20 bahwa menjadi berkat bagi bangsa-bangsa atau lingkungan sekitar karena Tuhan sudah memilih, membaharui dan menyelamatkan. Dari dasar inilah kita dibangkitkan untuk menjadi berkat bagi lingkungan sekitar sebagai bagian dari menjadi berkat bagi dunia.

Ayat 9 – 11 penghukuman TUHAN kepada Umat-Nya : TUHAN memberikan bibir lain, bibir yang bersih kepada bangsa-bangsa untuk memanggil nama TUHAN dan beribadah kepada TUHAN

Nabi menyebut nama bangsa lain yang kepadanya TUHAN berikan bibir yang bersih untuk memanggil nama TUHAN, yaitu di seberang sungai-sungai Etiopia, yaitu mereka yang terserak, TUHAN memanggil untuk beribadah dengan bahu-membahu dan membawa persembahan. Untuk membuat malu umat Israel. Alasan mengapa bangsa lain yang dipilih? Nabi Zefanya menyebut pada ayat (11), yaitu “perbuatan durhaka yang dilakukan oleh orang-orang yang congkak”

Ayat 12 – 13 Karunia TUHAN memilih umat yang rendah hati yang mencari perlindungan pada TUHAN. Pada bagian ayat (12-13) aspek pembaruan yang TUHAN kerjakan adalah ada sisa Israel yang TUHAN biarkan hidup, yaitu mereka atau umat yang “rendah hati dan lemah dan yang mencari perlindungan pada TUHAN”. Barangkali sisa Israel inilah yang dimaksudkan dengan kata “terserak”. Sisa Israel ini kualitas spiritualnya Nabi menyingkapkan sebagai umat yang : tidak akan melakukan kelaliman, tidak berbohong atau tidak ada lidah penipu.

Ayat 14 – 20 Keselamatan dan Pembaruan dari TUHAN. Pada bagian ayat (14-20) menjadi suatu inti isi yang berkaitan dengan keselamatan yang Allah kerjakan, ditemukan dengan beberapa ungkapan pembebasan, antara lain : Periode TUHAN menyingkirkan hukuman : sebagai periode yang penuh dengan tempik-sorak dan sukacita dan beria-ria puteri Yerusalem ; menebas binasa musuh ; Raja Israel tidak takut malapetaka ; (ay 14-15) TUHAN Allah sebagai pahlawan yang ada bersama, dan yang memberi kemenangan. (ay 17a) TUHAN membaharui engkau dalam kasih-Nya (17b) Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai (ay 17c) Mengangkat malapetaka dan tidak lagi menanggung cela (ay 18) TUHAN bertindak terhadap segala penindas, menyelamatkan, mengumpulkan dan membawa kamu pulang untuk membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujiaan diantara segala bangsa dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka, dan kali ini TUHAN membuat terbalik, yaitu mereka dibuat malu. (ay 19-20)

Teks Zefanya 3:9-20 adalah teks yang sangat menarik, antara penghukuman dan keselamatan berlangsung dalam kendali TUHAN. Untuk penghukuman atas kedurhakaan Israel TUHAN memanggil bangsa lain dan menunjukkan bagaimana bibir bersih bangsa-bangsa lain digunakan untuk memuliakan TUHAN dan Israel dibuat malu. Tetapi pada saat TUHAN berpaling dan mengaruniakan keselamatan, TUHAN menggunakan kemenangan dan keselamatan Israel untuk membuat bangsa-bangsa lain malu. Cara TUHAN sangat unik yang terselami dan yang tidak terselami. Demikianlah teks yang mengantar kita pada hari ke-316 dan minggu ke-46 tahun 2023. Imanuel.

Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah ini
GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama