Kebangkitan Kristus Pengharapan Dunia-Buletin 14 04 2024

KEBANGKITAN KRISTUS PENGHARAPAN DUNIA

[Lukas 24:36-49]

Saudaraku yang dikasihi Tuhan,

Dalam minggu ke-2 bulan April, kita diarahkan kepada Tema “pemberdayaan” dengan fokus triwulan II (dua) April -Mei-Juni 2024 adalah: “Kristus Penebus dan Roh Kudus pembaharu adalah Pokok Pemberdayaan Kita”.

Firman Tuhan yang mendatangi kita untuk merefleksikan makna pemberdayaan dan juga menggumuli semua karya kit sepanjang minggu ini, Minggu Paskah Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus, ke­3 dari Lukas 24:36-49, kita mendapatkan perkenaan Allah dan berpengharapan. Dengan harapan yang kita peroleh dari peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus Kristus menjadi alas utama membangun semua karya-dan pelayanan kita dalam Triwulan II melalui seluruh rencana kerja (Renja) Jemaat, Klasis dan Sinode untuk terus digiatkan dan sukses dalam penyertaan Tuhan kita Yesus Kristus. Saat ini kita ada dalam tahun pemberdayaan, peningkatan kapasitas dan kapabilitas anggota Jemaat untuk memenuhi kualifikasi yang memadai. Kristus penebus dan Roh Kudus Pembaharu adalah pokok ·pemberdayaan dunia iriilah pokok pembahasan dalam tahun pemberdayaan saat ini. Lukas 24 : 36 - 49 Yesus menampakkan diri kepada Perempuan - Perempuan, da. pengikut Kristus yang melakukan perjalanan ke Emaus adalah untuk berkarya memberdayakan dan menguatkan, memberi kekuatan pada mereka, sebab merek akan di utus menjadi saksi, sebab itu iman mereka terus di kuatkan. Dalam pertemuan-pertemuan itu para pengikut kristus memperoleh semangat dan sukacita kebangkitan yang membuat iman semakin di teguhkan. Kekuatan iman bertumbuh dalam pengharapan dan sukacita sebab sungguh Yesus sudah bangkit.

Ayat 36 : Peristiwa Yesus menyatakan diri kepada beberapa Perempuan yang mengikuti Yesus, juga beberapa orang yang melakukan perjalanan ke Emaus menjadi percakapan yang serius di antara para pengikut Yesus, fakta peristiwa pertemuan atau penampakan Yesus menjadi topik pertemuan yang layak d diskusikan , tentu saja fakta menarik tentang hidup Yesus nasehat dan ajaran yang telah di berikan kepada para murid menjadi pengalaman yang memastikan fakta yang Tengah terjadi saat itu.

Ayat 37 : reaksi para murid sangat terkejut, disertai rasa takut seolah melihat hantu, sebab secara tiba -tiba Yesus ada di Tengah - Tengah mereka. Sekalipun mereka sedang membahas kondisi ini, namun sesungguhnya murid Yesus belum siap bertemu langsung. Mereka tidak menyangka dalam diskusi yang Tengah di lakukan hanya di kalangan mereka, Yesus hadir. Seperti melihat hantu, sebab tidak ada petunjuk apapun, begitu tiba - tiba tentu saja rasa kaget dan ketakutan terjadi diantara para murid.

Ayat 38-43 : Yesus melakukan percakapan kepada para murid dengan menyatakan keheranan-Nya sebab mereka menjadi terkejut dan ragu - ragu tas kehadiran-Nya. Sebab itu Yesus menegur mengapa begitu takut. Ketakutan bisa terjadi karena pikiran dan situasi mencekam sejak peristiwa berita kebangkitan Yesus dan tuduhan para ahli taurat dan imam- imam bahwa murid - murid telah mencuri tubuh Yesus. Yesus mengenali dan sangat tahu situasi dan ketakutan para murid, sebab itu Yesus langsung memastikan bahwa la adalah Guru, la adalah Yesus yang sudah bangkit. Yesus menunjukkan tanda yang ada pada tubuh-Nya saat peristiwa penyaliban terjadi. Hantu tidak ada daging dan tulangnya, Yesus menunjukkan bahwa la sungguh bisa di pegang. Yesus memastikan la sungguh - sungguh manusia yang bangkit, sungguh nyata, sungguh kebangkitan-Nya benar-benar terjadi. Bahwa mereka tak perlu takut lagi, Yesus hadir meneguhkan iman mereka.

Ayat 44-46: Yesus masuk ke dalam inti pengajaran tentang Keselamatan yang telah di ajarkan kepada para murid saat la bersama - sama mereka, saat mereka bersama - sama dengan Yesus, bahwa nubuat kitab Taurat dan kitab para Nabi telah di genapi dan kegenapan itu telah terjadi dalam peristiwa .kebangkitan-Nya. Yesus membuka pikiran mereka, memberi mereka hikmah sehingga mereka mengerti akan nubuat dan janji Firman Tuhan di dalam Alkitab perjanjian Lama. Firman Tuhan di dalam Alkitab ada tertulis bahwa Mesias akan menderita dan mati pada hari ke tiga akan bangkit dari antar orang mati.

Ayat 47-49: Bahwa nubuat ini terjadi, para murid saat ini mengalami pertemuan seperti kesaksian para Perempuan dan pengikut Kristus yang sudah bertemu Yesus lebih dahulu. Bahwa kebangkitan adalah berita tentang adanya nilai keselamatan yang terjadi melalui pertobatan dan pengampunan dosa inilah inti keselamatan dan harus di sampaikan kepada segala bangsa. Murid murid telah bertemu dan menyaksikan sendiri peristiwa kemenangan ini. Par murid adalah saksi dari kebangkitan. Pertemuan Yesus dengan murid muridnya dan para pengikut Yesus yang lain adalah dalam rang menguatkan iman dan percaya mereka, mempersiapkan mereka menjadi saksi karya keselamatan yang sudah terjadi di dalam dan oleh Yesus kristus. Sebab itu Tuhan Yesus mengatakan merekalah saksi dari semua ini. Murid - muri Yesus tiba pada dipersiapkan menjadi Pekabar Injil, memberitakan keselamatan dan pengampunan akan dosa manusia. Berita sukacita ini aka dimulai dari Yerusalem.

PENERAPAN:

1. Di dalam persoalan dan pergumulan yang berat kita tidak menyadari bahwa dalam situasi sulit, saat kita tak berdaya, sakit dan tertekan, kehilangan harapan, Yesus sesungguhnya ada hadir di Tengah kita, Yesus tahu persoalan Tengah kita hadapi oleh sebab itu kita jangan lupa untuk memberi tempat bagi Yesus di Tengah persoalan dan di tengah kehidupan kita, biarkan Yesus menjawab dan mengisi ruang kosong dalam hidup kita. Karena la pasti mendengar dan tahu persoalan terbesar dalam diri dan keluarga kita.

2. Kebangkitan Kristus adalah karya keselamatan terbesar, keselamatan yang menjadi milik umat yang percaya, oleh sebab itu ketakutan dan kehilangan harapan akan kuasa dosa yang selalu mendera hati dan menghakimi diri kita sesungguhnya sudah lepas. Orang percaya tidak takut lagi, Yesus sendirilah jawaban dari semua kekuatiran itu.

3. Pertemuan dengan Yesus harus terus terjadi dalam hubungan pribadi dan keluarga Persekutuan Jemaat, harus terus dipelihara. Dalam keterikatan iman yang kuat pada Yesus memastikan kita tidak takut untuk meraih kehidupan dan keselamatan di T engah dunia saat ini. Kita punya kekuatan untuk berkarya dan menjadi berkat bagi banyak orang. Hidup dan iman kita adalah kesaksian bagi dunia di sekitar kita bahwa Yesus hidup dalam hidup kita.

4. Tahapan Pemilu Legislatif telah berjalan, tahapan Pilpres ada di depan kita, ingatlah bahwa segala sesuatu yang Tengah kita jalani sebagai warga negara harus kita jalani dalam keyakinan iman, dan hasil yang terbaik adalah hasil yang telah kita doakan bahwa Tuhan memimpin seluruh proses. Kondisi pemilu apapun hasilnya sebagai orang percaya, terang kebangkitan Kristus adalah dasar dan harus menjadi alasan utama untuk saling menghargai dan menjaga kesatuan Iman.

5. Berilah diri kita di pimpin terus dalam tuntunan Kuasa Roh Kudus, sebab Roh Kudus memampukan kita untuk hidup dalam anugerah Allah dan mampu menghadirkan damai Sejahtera dan kekuatan yang terus menolong bagi kita sebagai gereja Tuhan. Kebangkitan Kristus adalah jawaban yang menguatkan dan harapan yang memberi sukacita amin

Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah ini
GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama