"KEUTAMAAN YESUS DALAM PENCIPTAAN DAN KEBANGKITAN" || Edisi 12 Mei 2024

"KEUTAMAAN YESUS DALAM PENCIPTAAN DAN KEBANGKITAN"

[KOLOSE1:15-23]

Saudaraku yang dikasihi Tuhan,

Mari kita mengucapkan syukur kepada Tuhan, atas penyertaan Tuhan yang kuat, kita sudah memasuki hari ke-133, minggu ke-19, minggu ke-2 dalam bulan ke-5 Mei tahun 2024. Dalam minggu ke-2 bulan Mei, kita diarahkan kepada tema "pemberdayaan" dengan fokus triwulan II (dua) April-Mei-Juni 2024 adalah: "Kristus Penebus dan Roh Kudus Pembaharu adalah Pokok Pemberdayaan Kita". Firman Tuhan yang mendatangi kita untuk merefleksikan makna pember-dayaan dan juga menggumuli semua karya kita sepanjang minggu ini, Minggu ke-7 Paskah Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dari Surat Paulus kepada Jemaat di Kolose 1:15-23 tentang keutamaan Yesus Kristus dalam segala hal, baik dalam masa penciptaan, maupun dalam masa Paskah Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Kolose adalah sebuah Kota kecil di Asia Kecil, terletak di sebelah timur Efesus, berdekatan dengan Laodikia dan Hierapolis. Kolose terletak di lembah sungai Lyus, Kota ini terkenal sebagai jalur perdagangan yang menghubungkan wilayah Timur dan Barat. Selama 500 tahun, sebelum zaman Paulus, terkenal sebagai kota industri Wol dan tekstil. Di kota ini ada kepercayaan pada ilmu perbintangan, yang dinamakan roh-roh dunia (2;8), penyembahan kepada malaikat-malaikat (kultus agama-agama misteri yang bercampur dengan filsafat). Kultus-kultus seperti ini menghasilkan peraturan-peraturan keagamaan yang kelihatannya memiliki hikmat yang tinggi, yang menurut Rasul Paulus, hanya memuaskan kehidupan yang bersifat duniawi. Kristologi dari Kitab Kolose ini sangat Kristosentris (berpusat pada Kristus). Apa saja yang Mengalihkan fokus Jemaat dan membuat Jemaat tidak mengutamakan Kristus tetapi mengham-bakan diri kepada yang lain, semata-mata hanyalah perkara dunia dan manusiawi (ciptaan rnanusia yang sifatnya palsu dan kosong). Di dalam Eskatologinya, Paulus menggambarkan perubahan-perubahan ya akan terjadi ketika Yesus datang kembali, semua kuasa jahat akan ditaklukkan dan Yesus akan memerintah atas seluruh dunia. Paulus mendengar, bahwa jemaat teguh dalam iman, Paulus terus berdoa dan mengucap syukur, supaya Jemaat memiliki hikmat dan pengertian rohani yang benar untuk mengetahui kehendak Tuhan dan hidup layak di hadapan Tuhan serta berkenan kepadaNya. Paulus bersyukur bahwa Jemaat Kolose telah mendapat bagian dalam Kerajaan Allah, oleh karya penebusan Kristus ( 1: 9-14).

PENJELASAN TEKS KOLOSE 1: 15-23 Kristologi Paulus yang Kristosentris, bahwa di dalam Kristus berdiam seluruh kepenuhan Allah. Kristus adalah Allah Pencipta, Dialah kepala Semua Pemerintah dan Penguasa, termasuk kepala dari Jemaat. Kristus telah mendamaikan segala sesuatu. Tujuan dari Kristologi Keutamaan Kristus ini adalah menyerang Filsafat-filsafat yang kosong, yang menghasilkan kehidup agamawi, yang menghasilkan peraturan-peraturan buatan manusiawi yang menghalangi pertumbuhan iman dan kasih kepada Allah. Kitab Kolose ini tidak melawan Ateisme, Naturalisme atau Sekularisme, tetapi melawan ajaran-ajaran yang kelihatan sangat agamawi, tetapi menghalangi untuk mengalami perjum-paan dan keintiman dengan Allah, sehingga tidak menolong Jemaat untuk bersyukur. Ada peraturan seperti beraskese, hidup menyiksa diri seolah oleh menjadi simbol dari kerendahan hati.

Ada beberapa istilah Yunani yang perlu kita kenal di dalam perikop Kolose 15-23.

Pertama: Yesus sebagai gambar Allah. Kata gambar, bahasa Yunaninya eikon. Eikon artinya: 1). Kemiripan; 2). Manifestasi. Bahwa Yesus adalah manifestasi atau perwujudan dari Allah itu sendiri. Allah itu dinyatakan sepenuhnya di dalam diri Yesus. Di dalam Yesus, Allah yang tidak terlihat menjadi terlihat dan dikenal.
Kedua: Kata Sulung atau yang utama. Bahasa Yunaninya, prototokos. Yesus ada sebelum segala sesuatu ada, Dialah permulaan itu sendiri. Yesus adalah logos sejati, oleh Dia, segala sesuatu dijadikan, baik yang kelihatan maupun tidak kelihatan,
Ketiga, kata Kepala, Bahasa Yunaninya Kephale. Kephale artinya sumber atau penopang. Yesus adalah sumber dan penopang segala sesuatu.
Keempat, Seluruh kepenuhan keAllahan berdiam di dalam Dia. Kata berdiam, bahasa Yunaninya Pleroma, artinya memenuhi dan tinggal permanen. Artinya KeAllahan Yesus adalah penuh dan bersifat permanen/tetap.
Kelima: kata terasing atau jauh dari Allah. Ayat 21, dulu kita jauh dan terasing dari Allah. Kata Yunani untuk terasing adalah apellotriomenous. Arti dari kata ini adalah "pengalihan kepemilikan". Di dalam penebusan, ada gagasan pembebasan. Harga penebusan atau pembebasan kita telah menjadi sah dengan darah Yesus (darah Yesus sebagai tanda terima dari pembelian yang sah).

PENERAPAN:

1) Kolose 1: 15 -23. Kristus dan lebih penting dari peraturan-peraturan agamawi yang menghalangi Iman Jemaat bertumbuh, dan membuat Jemaat tidak bersyukur. Iman yang menyelamatkan, timbul dari yang pendengaran akan Firman. dan iman seperti ini yang menjadikan Kristus sebagai yang utama. Penempatan Kristus sebagai yang utama mengarahkan Jemaat kepada perbaikan moralitas, Tata kelola organisasi secara baik/profesional, pemberdayaan untuk mewujudkan kemandirian Jemaat.

2) Tahun 2024 ini adalah Tahun Pemberdayaan. Periode ini, menekankan lnovasi dan kolaborasi, agar berinovasi menggunakan kemajuan-kemajuan di bidang IPTEK, juga bermitra, berkolaborasi, bersinergi dengan semua pihak, mewujudkan Visi GKI "Menjadi Gereja pembawa keadilan perdamaian dan Kesejahteraan" di atas Tanah Papua.

Untuk Informasi lainnya yang terdapat di dalam buletin, Silahkan download file pdf yang link-nya tersedia di bawah ini
GKI Martin Luther

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama